Content Management System adalah perangkat lunak/aplikasi yang memungkinkan seserorang untuk menambah, mengubah bahkan menghapus konten dari sebuah website.

CMS memberikan berbagai manfaat, antara lain sebagai berikut :

Manajemen Data
Penggunaan CMS untuk membangun sebuah website akan memungkinkan seseorang dengan mudah atau tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman dapat mengelola konten dari websitenya. Semua data/informasi dapat diorganisasi dan disimpan dengan sangat baik dan terstruktur. Termasuk manajemen konten adalah mengatur kapan dan sampai kapan suatu konten akan ditampilkan dalam website.

Personalisasi Website
Bagi staf yang akan melakukan update atau mengelola website tidak perlu kuatir kalau akan merusak website karena CMS telah memisahkan konten dan kode pemrograman. Dengan demikian website benar-benar aman karena suatu kesalahan dari staf update tidak akan berakibat lumpuhnya website secara total.

Mendukung Web Templating
berbagai layout dapat diterapkan untuk konten-konten tertentu sehingga nampak konten tertampilkan secara dinamis. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan bila menggunakan CMS.

Sebenarnya masih banyak keunggulan CMS, tapi kiranya 3 hal itu yang patut dipertimbangkan ketika pembangunan website kita menggunakan CMS atau tidak. Akan banyak kemudahan yang akan didapat bila menggunakan CMS, dan kadang-kadang timbul berbagai masalah di kemudian hari terhadap website yang dibangun secara manual (atau tidak menggunakan CMS).